Tuesday 21 April 2015

Masjidil harom (tempat sujud yang diharamkan selain Allah) kiblat di dalam diri

Qs.2:125; Dan ketika Kami menjadikan rumah tempat berkumpul dan tempat yang aman bagi manusia. Dan jadikanlah maqom ibrahim itu mushola (tempat sholat). Dan telah Kami perintahkan kepada ibrahim dan ismail, Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang tawaf, itikaf, ruku' dan sujud.
Qs.2:144-145;
Kami melihat wajahmu sering menengadah ke langit, maka akan Kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau senangi. Maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilhara. Dan dimana saja engkau berada, hadapkanlah wajahmu ke arah itu. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi kitab tahu, bahwa itu adalah kebenaran dari Tuhan mereka. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan.
Dan walaupun engkau memberikan semua ayat kepada orang-orang yang diberi kitab itu, mereka tidak akan mengikuti kiblatmu, dan engkau pun tidak akan mengikuti kiblat mereka. Sebagian mereka tidak akan mengikuti kiblat sebagian yang lain. Dan jika engkau mengikuti keinginan mereka setelah sampai ilmu kepadamu, niscaya engkau termasuk orang-orang zalim.
Qs.2:148-153;
Dan setiap wajah (diri) mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Dimana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah maha kuasa atas segala sesuatu.
Dan darimana pun engkau keluar (dari dalam dirimu), hadapkanlah wajahmu ke arah masjidilharam, sesungguhnya itu benar-benar ketentuan dari Tuhanmu. Allah tidak lengah terhadap apa yang kamu kerjakan.
Dan darimana pun engkau keluar (dari dalam dirimu), maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharom. Dan dimana saja kamu berada, maka hadapkanlah wajahmu ke arah itu, agar tidak ada alasan bagi manusia kecuali orang-orang yang zalim diantara mereka. Janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku agar Aku sempurnakan nikmat-Ku kepadamu, dan agar kamu mendapat petunjuk.
Sebagaimana Kami telah mengutus Rosul dari dirimu yang membacakan ayat-ayat Kami, menyucikan kamu, dan mengajarkan kepadamu kitab dan hikmah, serta mengajarkan apa yang belum kamu ketahui.
Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.
Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan dengan sabar dan sholat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.
Qs.2:189; mereka bertanya kepadamu tentang hilal (melihat bulan). Katakanlah, itu adalah waktu (petunjuk) bagi manusia dan haji. Dan bukanlah suatu kebajikan memasuki rumah dari atasnya, tetapi kebajikan adalah orang yang bertakwa. Masukilah rumah-rumah (diri) dari pintu-pintunya, dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.

No comments:

Post a Comment