Tuesday 21 April 2015

Bercocok Tanam untuk menahan nafsu hingga Raja memilihnya

Yusuf, wahai orang yang sangat dipercaya! Terangkanlah kepada kami tentang tujuh ekor sapi betina yang gemuk yang dimakan oleh tujuh yang kurus, tujuh tangkai yang hijau dan lainnya yang kering agar aku kembali kepada orang-orang itu,agar mereka mengetahui.
Dia berkata, agar kamu Bercocok tanam tujuh tahun sebagaimana biasa, kemudian apa yang kamu tunai hendaklah kamu biarkan ditangkainya kecuali sedikit untuk kamu makan.
Kemudian setelah itu akan datang tujuh yang sangat sulit, yang menghabiskan apa yang kamu simpan untuk menghadapinya kecuali sedikit dari apa yang kamu simpan.
Setelah itu akan datang tahun, dimana manusia diberi hujan dan pada masa itu mereka memeras (anggur).
Dan Raja berkata, bawalah dia kepadaku. Ketika utusan itu datang kepadanya dia (yusuf) berkata, kembalilah kepada Tuanmu dan tanyakan kepadanya bagaimana halnya perempuan-perempuan yang telah melukai tangannya. Sungguh, Tuhanku maha mengetahui tipu daya mereka.
Dia (Raja) berkata, bagaimana keadaanmu ketika kamu menggoda yusuf untuk menundukkan dirinya? Mereka berkata, maha sempurna Allah, kami tidak mengetahui sesuatu keburukan darinya. Istri al aziz berkata, sekarang jelaslah kebenaran itu, akulah yang menggoda dan merayunya, dan sesungguhnya dia termasuk orang yang benar.
(Yusuf berkata), yang demikian itu agar dia (al aziz) mengetahui bahwa aku benar-benar tidak mengkhianatinya ketika dia tidak ada (dirumah), dan bahwa Allah tidak merido'i tipu daya orang-orang yang berkhianat.
Dan aku tidak diriku bebas (dari penjara), karena sesungguhnya nafsu itu selalu mendorong kepada kejahatan, kecuali yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku maha pengampun, maha penyayang.
Dan Raja berkata, Bawalah dia kepadaku, agar aku memilih dia untuk ku. Ketika dia (Raja) telah bercakap-cakap dengan dia, dia (Raja) berkata, Sesungguhnya kamu hari ini menjadi seorang yang berkedudukan tinggi di lingkungan kami dan dipercaya.
(Qs.12:46-54)

No comments:

Post a Comment