Thursday 23 April 2015

HAKIKAT KAROMAH

Qs.49:13;Sesungguhnya orang yang paling mulia (akroma) diantara kamu disisi Allah ialah orang yg paling Takwa diantara kamu.

Dalam firman Allah ini,terdapat kata akroma (mulia) yaitu persamaan kata dengan Karomah (kemuliaan),dan ayat Allah ini juga menjelaskan bahwa Karomah (kemuliaan) itu diberikan kepada orang yang Takwa.

Bagaimana cara kita untuk mencapai Takwa,dan siapa saja yang bisa mencapai Takwa?
Jawabnya;
cara kita untuk mencapai Takwa adalah dengan ibadah, dan semua manusia bisa mencapai Takwa, asalkan dia mau ibadah kepada Tuhan yang menciptakannya.hal ini di dasarkan firman Allah;

Qs.2:21;Wahai manusia beribadahlah kepada Tuhanmu yang menciptakanmu dan orang-orang sebelum kamu,agar kamu Takwa.

Jadi dengan ibadahlah kita dapat mencapai Takwa,dan semua manusia baik dia beriman maupun tidak beriman asalkan ibadah,ia bisa mencapai Takwa.hal ini didasarkan pada 
Qs.2:21 Allah menyuruh kepada semua manusia,dan tidak dikhususkan untuk orang yang beriman saja.

Contoh orang yg bertakwa tetapi ia tidak beriman didalam firman Allah;
Qs.49:14;Orang-orang Arab badui berkata:"kami telah beriman".Kamu belum beriman,tetapi katakanlah:"Kami telah tunduk "(Takwa),karena iman belum masuk kedalam hatimu.dan jika kamu Taat (Takwa) kepada Allah dan Rosul-Nya,Dia tidak akan mengurangi sedikitpun amalanmu (ketakwaan).sesungguhnya Allah maha pengampun,maha penyayang.

Dari keterangan Allah ini,dapat diambil iktibar (pelajaran) bahwa orang yg Takwa kepada Allah walaupun ia belum beriman,maka ia akan tetap mendapatkan balasannya yaitu berupa karomah (kemuliaan),tetapi karomah (kemuliaan) nya hanya di dunia ini saja.

Contoh seseorang yg tidak beriman,tetapi ia melakukan perbuatan Takwa yaitu berbuat Dermawan,maka ia yg dermawan itu akan diberikan karomah (kemuliaan) didunia ini dengan cara dipuji dan dimuliakan oleh manusia.Dan apabila seseorang yg beriman melakukan perbuatan Takwa yaitu dengan dermawan,maka ia akan diberikan Karomah (kemuliaan) di dunia ini dan di akherat,yaitu dengan cara dipuji dan dimuliakan oleh Allah dan manusia.

Dari contoh ini dapat diambil kesimpulan yaitu:
Perbuatan dermawan adalah ibadah,ibadah dapat mencapai Takwa,Takwa dapat memperoleh Karomah (kemuliaan).jadi perbuatan Dermawan dapat memperoleh karomah (kemuliaan).
Maka untuk mendapatkan Karomah itu sangatlah mudah,cukup Takwa saja,yaitu dengan melakukan ibadah baik berbentuk apa saja,contohnya Murah senyum, Dermawan, berpuasa, Sholat, Haji, suka menolong orang lain, bersabar, dan lain-lain.

Allah berfirman:
Qs.7:26;....Dan pakaian Takwa itulah yang paling baik.yg demikian itu adalah sebagian dari ayat-ayat Allah mudah-mudahan mereka selalu ingat.

Cara satu-satunya untuk mendapatkan Karomah itu adalah dengan Takwa,dan Takwa adalah pakaian yang paling baik utk siapa saja,khususnya bagi orang-orang yg beriman,sebagaimana sabda nabi saw;"Iman itu telanjang dan pakaiannya adalah Takwa".

Orang yg beriman haruslah Takwa (Tunduk),seperti ilmu Padi,yaitu semakin berisi (imannya) semakin Tunduk (Takwa).

Dan Tujuan Takwa yg paling utama sebenarnya bukan untuk mendapatkan Karomah (kemuliaan),tetapi agar kita selalu ingat kepada Allah,sebagaimana firman Allah Qs.7:26.yg telah disebutkan diatas.

No comments:

Post a Comment