Tuesday 21 April 2015

CAHAYA-Nya

Qs.4:174-175;
Wahai manusia! Sesungguhnya telah sampai kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu, dan telah Kami turunkan kepadamu Cahaya yang terang benderang.
Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan berpegang teguh kepadanya (Cahaya yang terang benderang), maka Allah akan memasukkan mereka ke dalam rahmat dan karunia dari-Nya, dan menunjukkan mereka jalan yang lurus kepada-Nya.
Qs.5:15-16;
Wahai ahli kitab! Sungguh, Rosul telah datang kepadamu, menjelaskan kepadamu banyak hal dari kitab yang kamu sembunyikan dan banyak yang dibiarkannya. Sungguh, telah datang kepadamu Cahaya dari Allah, dan Kitab yang menjelaskan (Cahaya itu).
Dengan Kitab itulah Allah memberi petunjuk kepada orang yang mengikuti kerido'an-Nya ke jalan keselamatan, dan Allah mengeluarkan orang itu dari gelap gulita kepada Cahaya dengan izin-Nya, dan menunjukkan ke jalan yang lurus. 
Qs.6:122;Dan apakah orang yang sudah mati lalu Kami hidupkan dan Kami beri dia Cahya yang membuatnya dapat berjalan di tengah-tengah orang banya, sama dengan orang yang berada dalam kegelapan, sehingga dia tidak dapat keluar dari sana? Demikianlah dijadikan terasa indah bagi orang-orang kafir.
Qs.8:157;Orang-orang yang mengikuti Rosul, nabi yang ummi yang mereka dapati tertulis didalam taurat dan injil yang ada pada mereka, yang menyuruh mereka berbuat yang mukruf dan mencegah dari yang mungkar, dan yang menghalalkan segala yang baik bagi mereka dan mengharamkan segala yang buruk bagi mereka, dan membebaskan beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Adapun orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti Cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya, mereka itulah orang-orang beruntung.
Qs.9:31-32;
mereka menjadikan orang-orang alim dan rahib-rahibnya sebagai Tuhan selain Allah, dan almasih putra maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Maha esa, tidak ada Tuhan selain Dia. Mahasuci Dia dari apa yang mereka persekutukan.
mereka hendak memadamkan Cahaya Allah dengan mulut mereka, tetapi Allah menolaknya,malah berkehendak menyempurnakan Cahaya-Nya, walaupun orang-orang kafir itu tidak menyukai.
Qs.14-1:Alif Lam Ro. Kitab yang Kami turunkan kepadamu agar engkau mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada Cahaya terang benderang dengan izin Tuhan menuju jalan Tuhan yang maha perkasa, maha terpuji.
Qs.14:5;Dan sungguh, Kami telah mengutus musa dengan membawa ayat-ayat Kami, Keluarkanlah kaummu dari kegelapan kepada Cahaya terang benderang dan ingatkanlah mereka kepada hari-hari Allah. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat aya-ayat bagi setiap orang penyabar dan banyak bersyukur.
Qs.24:39-40;
Dan orang-orang yang kafir, perbuatan mereka seperti fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi apabila didatangi tidak ada apa apapun. Dan didapatinya Allah baginya. Lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan dengan sempurna, dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya.
Atau seperti gelap gulita di daulatan yang dalam, yang diliputi oleh gelombang demi gelombang, di atasnya ada awan gelap. Itulah gelap gulita yang berlapis-lapis. Apabila dia mengeluarkan tangannya hampir tidak dapat melihatnya. Barang siapa tidak diberi Cahaya oleh Allah, maka dia tidak mempunyai Cahaya sedikitpun.
Qs.39:22; Maka apakah orang-orang yang dibukakan hatinya oleh Allah untuk Islam lalu dia mendapat Cahaya dari Tuhannya? Maka celakalah mereka yang hatinya telah membatu untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata.
Qs.57:9;Dialah yang menurunkan ayat-ayat yang terang kepada hamba-Nya untuk mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada Cahaya. Dan sungguh, terhadap kamu Allah maha penyantun, maha penyayang.
Qs.57:28;Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan beriman kepada Rosul-Nya, niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian, dan menjadikan Cahaya untukmu yang dengan Cahaya itu kamu dapat berjalan serta Dia mengampuni kamu. Dan Allah maha pengampun, maha penyayang.
Qs.61:8;Mereka hendak memadamkan Cahaya Allah dengan mulut mereka, tetapi Allah tetap menyempurnakan Cahaya-Nya meskipun orang-orang kafir membencinya.

No comments:

Post a Comment