Wednesday 17 June 2015

PUASA; SHIYAM, SHAUM, SHAIM

Di dalam alquran Kata yang Berkaitan dengan Puasa, memiliki 3 Kata, yaitu Shiyaam, Shaum, dan Shaaim.

SHIYAAM
Ada 8 kali kata “shiyaam” terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 183, 187 (dua kali), dan 196, surat an-Nisa’ ayat 92, surat al-Maidah ayat 89 dan 95, dan surat al-Mujadilah ayat 4.

Jika diperhatikan, 8 kali kata “shiyaam” semuanya menunjuk pada puasa dalam arti menahan diri dari makan, minum, dan “bercampur”. 
Sebuah bentuk puasa yang “terlalu mudah” bagi sebuah proses yang target akhirnya adalah pencapaian taqwa. 

SHAUM
Ada 1 kali kata “shaum” terdapat dalam surat Maryam ayat 26.
“Katakanlah, “Sesungguhnya aku telah bernadzar Shaum untuk Yang Maha Pengasih, maka aku tidak berbicara dengan seorang manusia pun pada saat ini.”

Kata Shaum Di alquran Berkaitan dengan Puasa Panca Indera;
Puasa Pendengaran, 
Puasa Penglihatan,
Puasa Penciuman, 
dan Yang Paling Terpenting adalah Puasa Perkataan.
Karena Perkataan lah yang bisa Menyakiti orang lain, Perkataan pula bisa mendatangkan kemarahan, dan lain-lain.

Jadi, Selain Kita Ber-Shiyam, maka kita juga Di haruskan untuk Ber-Shaum.


SHAAIM
Dan ada 1 kali kata “shaaim” terdapat dalam surat al-Ahzab ayat 35.
Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang (1) Ber-Islam, laki-laki dan perempuan yang (2) ber-iman, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam (3) keta’atannya, laki-laki dan perempuan yang (4) benar, laki-laki dan perempuan yang (5) sabar, laki-laki dan perempuan yang (6) khusyu’, laki-laki dan perempuan yang (7) bersedekah, laki-laki dan perempuan yang (8) berpuasa, laki-laki dan perempuan yang (9) memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak (10) mengingat Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.

Dalam Tingkatan Kedudukan Seseorang yang mendapat ampunan dan balasan dari Allah, maka Puasa Menduduki Tingkatan Ke Delapan, Setelah Islam, Iman, Benar, Sabar, Khusyu', sedekah, Baru Kemudian Puasa. dan kedudukan Orang yang Ber-puasa harus meningkat lagi Menjadi Orang yang Memelihara Kehormatan/Kesucian/Kemuliaan dirinya, dan Setiap saat Mengingat Allah.

No comments:

Post a Comment