Tuesday 2 June 2015

MANUSIA HANYA SATU UMAT YAITU UMAT ISLAM, BUKAN UMAT AGAMA ISLAM

Manusia itu satu umat....(Qs Al Baqarah:213) 

Pada Hakikatnya Manusia itu hanya ada satu Umat, Yaitu Umat Islam, tapi Bukan Umat Agama Islam.

“Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan Fitrah Islam, maka kedua ibu-bapaknyalah yang akan menjadikannya seorang Yahudi atau seorang Nasrani atau seorang Majusi”.


Manusia itu sendirilah yang membagi Islam di dalam kotak-kotak, agama-agama dan aliran-aliran.


Orang Yang Ber-Agama Islam belum Tentu dia Islam, Karena Agama bukanlah Islam. 
Agama bertujuan untuk Mencapai Islam.

Orang-orang Arab Badui itu berkata: "Kami telah beriman". Katakanlah: "Kamu belum beriman, tapi katakanlah 'kami telah Tunduk', karena iman itu belum masuk ke dalam hatimu; dan jika kamu taat kepada Allah dan Rasul-Nya, Dia tidak akan mengurangi sedikitpun pahala amalanmu; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".(﴾ Al Hujuraat:14 ﴿

Orang yang sudah Taat dalam agama, belum berarti dia Telah Mencapai Islam. karena Islam belum tentu telah Masuk ke dalam Hati.

orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang Islam atau Selamat” (QS. Asy Syu’aro’: 88)

“Barangsiapa dikehendaki Allah akan mendapat hidayah (petunjuk) ,Dia akan membukakan dadanya untuk Islam. Dan barang siapa dikehendaki -Nya menjadi sesat, Dia jadikan dadanya sempit dan sesak, sedang seakan-akan dia (sedang) mendaki ke langit. Demikianlah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.”(Qs Al An’am:125)

“Maka apakah orang-orang yang dibukakan hatinya oleh Allah untuk Islam lalu dia mendapat cahaya dari Tuhan-Nya (sama dengan orang yang hatinya membatu?) Maka celakalah mereka yang hatinya telah membatu untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata.”(Qs Az Zumar:22)


Perbedaan Umat Islam dan Umat Agama Islam. 

1. Umat Islam maka itu menunjuk Kepada Seluruh Manusia bahkan Seluruh Alam semesta. 
Manusia itu satu umat....(Qs Al Baqarah:213) 
“Maka mengapa mereka mencari selain Allah, padahal apa yang di langit dan di bumi berserah diri (ISLAM) kepada-Nya, (baik) dengan suka maupun terpaksa, dan hanya kepada-Nya mereka dikembalikan.”(Qs Ali Imran:83) 


2. Umat Agama Islam maka itu menunjukkan kepada segolongan atau sekelompok Manusia yang ber-Agama.

No comments:

Post a Comment