Monday 1 June 2015

APAKAH SETIAP AGAMA ITU SAMA? LALU BAGAIMANA DENGAN ISLAM!

Pada Hakikatnya Semua agama itu Sama Yaitu Islam. Dan Islam yang dimaksud disini bukan berupa Din atau aturan atau agama. Jadi jangan jadikan Islam hanya menjadi Agama. karena Islam bukanlah hanya berupa Agama.

Sesungguhnya orang-orang Beriman, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak mereka bersedih hati.(QS. Al-Baqarah: 62)

Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, Nabi Yusuf, dan Semua Nabi-nabi itu Islam, tapi Syareatnya Berbeda dengan Din atau agama atau aturan yang dibawa Nabi Muhammad. 
Bahkan Bumi, langit, dan alam semesta beserta isinya, Semuanya Islam, tapi Din atau aturan atau tata caranya berbeda dengan aturan yang dibawa nabi Muhammad. 

“Maka mengapa mereka mencari selain Allah, padahal apa yang di langit dan di bumi berserah diri (ISLAM) kepada-Nya, (baik) dengan suka maupun terpaksa, dan hanya kepada-Nya mereka dikembalikan.”(Qs Ali Imran:83)

Jadi, Berbeda Agama atau Aturan atau Syareat bukan berarti Tidak Islam.
Karena Pada Hakikatnya Kita Semua dilahirkan dengan Keadaan Islam. Tapi Bukan Dilahirkan dengan Cara atau aturan yang disebut aturan Islam.


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ
“Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan Islam (fithrah), maka kedua ibu-bapaknyalah yang akan menjadikannya seorang Yahudi atau seorang Nasrani atau seorang Majusi”. 

Islam bukanlah hanya berupa Aturan, tapi Aturan bertujuan untuk mencapai Islam. Jadi bila Berbeda dalam Aturan jangan langsung Mengkafirkan.


“Sesungguhnya agama di sisi Allah adalah Islam.” (QS. Ali Imran: 19)
Jadi, Bukan agama di sisi Allah adalah AGAMA Islam, Tapi Agama di sisi Allah adalah Islam.


Apakah Islam Itu ?
Apakah yang mengucapkan Dua Kalimat Syahadat, Yang Melaksanakan Ritual Shalat dan Puasa?


Orang Yang Ber-Agama Islam belum Tentu dia Islam,
Karena Agama bukanlah Islam. Agama bertujuan untuk Mencapai Islam.


Islam bukanlah hanya Berupa Din atau aturan atau agama. Islam pada hakikatnya adalah Keadaan Hati Manusia. 

Orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang Islam atau Selamat” (QS. Asy Syu’aro’: 88)

Barangsiapa dikehendaki Allah akan mendapat hidayah (petunjuk) , Dia akan membukakan dadanya untuk Islam. Dan barang siapa dikehendaki -Nya  menjadi sesat, Dia jadikan dadanya sempit dan sesak, sedang seakan-akan dia (sedang) mendaki ke langit.  Demikianlah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.”(Qs Al An’am:125)

“Maka apakah orang-orang yang dibukakan hatinya oleh Allah untuk Islam lalu dia mendapat cahaya dari Tuhan-Nya (sama dengan orang yang hatinya membatu?) Maka celakalah mereka yang hatinya telah membatu untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata.”(Qs Az Zumar:22)

No comments:

Post a Comment