Friday 1 May 2015

GURU SEJATI

Hasil gambar untuk cermin

Pikiran selalu berkilau seperti cermin, namun cermin ini terkubur dalam debu ratusan, ribuan, bahkan jutaan tahun silam, kita cuman perlu menggunakan kain lap untuk membersihkannya, dengan demikian cermin ini bisa bersinar kembali, ini yang disebut elemen dasar pencerahan, semua orang punya elemen dasar ini.

Penderitaan dan persepsi keliru kita begitu banyak, inilah yang disebut sebagai debu-debu yang menutupi, begitu banyak persepsi keliru dalam dirimu. Tugas kita adalah berlatih untuk membersihkan lapisan debu ini dan mengangkat layar persepsi keliru agar kita bisa mengerti bahwa elemen dasar kencantikan, kebaikan, dan ketulusan memang sudah ada dalam dirimu.

Pada umumnya engkau merasa minder, makanya engkau mencari orang lain, engkau mencari guru yang bisa memberi sesuatu yang engkau tidak punya, tetapi sesungguhnya seorang guru yang mahir adalah dia yang membantu kamu menemukan guru dalam dirimu, seorang guru yang mahir akan meminta kamu untuk kembali ke gurumu ‘sendiri’, karena engkau telah punya elemen dasar kebaikan, elemen dasar pencerahan, elemen dasar welas asih dan sukacita, ketika engkau kembali ke dalam dirimu sendiri dan menyentuh kehidupanmu dengan mendalam, maka engkau menemukan guru dalam dirimu sendiri.

Seorang guru yang mahir adalah dia yang tidak membuat kamu menjadi orang yang tergantung kepadanya, seorang guru yang mahir adalah dia yang mengundang kamu kembali untuk menemukan bahwa ada guru dalam diri.

No comments:

Post a Comment